7 Cara Membuat Akun Shopee Bagi Penjual dengan Mudah

Cara Membuat Akun Shopee
Cara Membuat Akun Shopee. (IST)

Cara membuat akun Shopee terutama untuk pemula sangat mudah dilakukan secara online. Apalagi saat ini sedang marak berjualan online dan Shopee ialah marketplace terbesar. Oleh karena itu banyak orang memilih Shopee sebagai tempat jual online.

Membuka toko online lebih menguntungkan apalagi jika budget yang dimiliki sedikit. Bagi yang masih bingung cara membuat akun Shopee, perhatikan langkah berikut.

Inilah Langkah Mudah Cara Membuat Akun Shopee

Daftar Akun Shopee

Langkah pertama, bukalah website resmi Shopee boleh melalui smartphone ataupun melalui laptop. Untuk smartphone boleh langsung mengunduh apk Shopee di Google Play Store.

Setelah masuk ke website, buatlah akun baru dengan pilih tombol Daftar yang berada di sisi kanan atas layar. Selanjutnya isilah formulir sesuai data pribadi.

Cara Daftar Akun Shopee
Cara Daftar Akun Shopee. (IST)

Membuka dan Mengatur Toko

Setelah terdaftar , selanjutnya tekan menu Jual yang berada di sisi kiri atas. Jika masuk melalui smartphone, maka klik tab Saya yang berada di sisi kanan bagian bawah layar.

Selanjutnya di sisi kiri atas, terdapat opsi Mulai Jual, tekan opsi tersebut. Pengguna akan diarahkan menuju fitur Shopee Seller Centre. Fitur ini berguna mengatur dan mengelola toko nantinya.

Lihatlah di layar ada menu Pengaturan Toko, pilih menu tersebut dan buatlah profil toko. Komponen untuk profil mulai dari nama toko, logo ataupun foto profil, banner toko hingga deskripsi toko.

Jika semua kolom sudah diisi, tekan tombol Simpan. Setelah mengetahui cara daftar akun Shopee dan pengaturan toko, selanjutnya cantumkan alamat.

BACA JUGA: Aplikasi Pinjam Uang Online Terpercaya

Masukkan Alamat dan Metode Pengiriman

Pilih menu Alamat Saya dan klik button Tambah Alamat Baru. Masukkan alamat lengkap secara detail dan klik Simpan. Selanjutnya masuk ke metode pengiriman, caranya pilih menu Jasa Kirimku.

Aturlah jasa pengiriman yang akan digunakan untuk toko nantinya. Terdapat beberapa opsi, maka klik Toggle yang ada di Jasa Kirim hingga berwarna hijau untuk jasa yang dipilih.

Masukkan Nomor Rekening Bank

Masukkan rincian rekening bank yang dimiliki yang akan diperlukan ketika melakukan transaksi dengan konsumen. Pilih menu Kartu/Rekening Bank. Masukkan password akun Shopee yang dimiliki untuk verifikasi.

Sedangkan jika pengguna ingin menambah rekening bank, maka yang harus dilakukan yaitu mengeklik button Tambah Rekening Bank. Isilah form dengan detail rekening bank yang dimiliki dan tekan opsi Lanjut.

Mulai Berjualan di Shopee

Toko Shopee sudah siap digunakan untuk berjualan. Coba perhatikan di samping nama akun terdapat ikon kotak. Klik ikon tersebut dan pilihlah menu Produk Saya.

Jika ingin melakukan penambahan produk yang ingin dijual maka pilih opsi Tambah Produk Baru. Masukkan nama produk dan sesuaikan dengan kategori. Misalnya Pakaian Pria > Kemeja, setelah itu pilih button lanjut.

Mengetahui cara berjualan di Shopee untuk pemula penting diperhatikan.

Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula
Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula. (IST)

Tambahkan Deskripsi Produk

Masukkan deskripsi tentang produk mulai dari merek, bahan, style hingga asal produk. Jangan lupa cantumkan jumlah stok yang tersedia dan nominal harga satuan.

Silakan unggah foto-foto produk dengan maksimal 9 foto. Lengkapi rincian pengiriman mulai dari berat produk dalam satuan gram, ongkos kirim hingga ukuran paket.

Siap Berjualan

Setelah semua yang bagian terisi, silakan tekan button Simpan dan Tampilkan. Jika masih ada produk yang belum diunggah, silakan ulangi langkah memasukkan produk yang sudah dijelaskan di atas.

BACA JUGA: Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit Terbaik

Sekarang produk yang ditawarkan sudah bisa dilihat oleh calon konsumen ataupun pengguna Shopee. Nah, cara membuat akun Shopee sangat mudah bukan?