6 Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai Tidak Cepat Soak

Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai Tidak Cepat Soak
Cara Charge HP yang Benar. (IST)

Masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara charge hp yang benar. Padahal kebutuhan online saat ini mengharuskan banyak orang untuk menggunakan smartphonenya lebih sering dari pada biasanya.

Sehingga ketahanan dan keawetan baterai harus diperhatikan agar lebih tahan lama.

Begini Cara Charge HP yang Baik dan Benar

Jangan Mengisi Sampai Full

Banyak orang yang berasumsi bahwa jika mengisi daya Handphone tidak sampai full bisa menyebabkan kondisi baterainya menjadi memburuk dan mudah untuk rusak.

Padahal hal ini justru salah kaprah dimana seharusnya mengisi daya handphone tidak boleh sampai dalam keadaan yang full. Men-charge sampai keadaan full bisa menyebabkan menurunnya fungsi dari baterai tersebut.

Hal inilah yang mengharuskan pengguna untuk melakukan cabut charger hp sebelum penuh. Tepatnya pada saat daya sudah berisi sekitar 80 persen. Ukuran daya 80 persen ini akan lebih tahan lama untuk digunakan.

Gunakan Charge Aslinya

Banyak orang yang mengabaikan hal yang satu ini padahal dampaknya jelas saja krusial untuk kebaikan baterai milik Anda.

Sebenarnya jika beda charge namun ampere yang ada dan juga jenis USB-nya sama tidak masalah namun jika keduanya benar-benar berbeda lebih baik dihindari untuk digunakan.

Hal ini diakibatkan oleh adanya perbedaan antara arus ampere satu HP dengan lainnya yang menyebabkan pengisian dayanya menjadi tidak karuan.

Pastinya Anda sering mendapati ketika sedang mengisi daya bukan malah naik namun berkurang hal inilah yang menandakan ampere tidak sesuai dan bisa berdampak pada baterai yang cepat habis.

Belum lagi USB yang tidak sesuai dan dipaksakan akan menghambat daya isi dari baterai tersebut.

Apakah hp harus dimatikan saat di charge
Apakah hp harus dimatikan saat di charge? (IST)

Isi Daya Saat HP Dimatikan

Apakah Hp harus dimatikan saat di-charge? Jawabannya adalah benar. Ketika HP dimatikan proses mengisi daya akan lebih maksimal dan juga menghindari penggunaan HP untuk digunakan.

Sebenarnya tidak ada hal yang krusial juga ketika HP dibiarkan menyala ketika diisi dayanya. Hanya saja lebih baik untuk dibiarkan beristirahat agar dayanya terisi dengan sempurna.

BACA JUGA: Aplikasi Penghasil Pulsa Tercepat

Kurangi Penggunaan Powerbank

Siapa yang suka menggunakan powerbank untuk mengisi daya? Nyatanya memang mengisi daya menggunakan benda ini sangatlah praktis dan bisa dilakukan dimana saja bahkan saat bepergian jauh dan tidak ada sambungan listrik yang bisa digunakan untuk mengisi dayanya.

Namun penggunaan yang berlebihan nyatanya bisa mengurangi kinerja baterai dan membuat umurnya semakin singkat. Sehingga penggunaannya harus benar-benar dikurangi dan hanya dipakai hanya dalam keadaan yang mendesak saja.

Hindari Mengisi Daya Saat 0 Persen

Pernahkah Anda mendengar adanya kepercayaan bahwa mengisi daya saat belum sepenuhnya habis akan membuat baterai menjadi berkurang kinerjanya? Padahal kegiatan ini justru akan membuat kinerja baterainya semakin buruk.

Jangan pernah membiarkan daya HP Anda sampai habis atau bahkan di bawah 10 persen karena akan menurunkan dayanya. Batas daya yang mengharuskan pengguna untuk mengisi adalah 20 persen. Batas ini sudah menjadi batas wajar dan aman untuk digunakan.

Cabut charger hp sebelum penuh
Cabut charger hp sebelum penuh. (IST)

Jangan Terlalu Lama Mengisi Daya

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan meninggalkan HP untuk diisi daya sampai pagi. Hal ini akan membuat kinerja baterai juga terganggu karena harus menampung daya yang berlebihan meskipun beberapa HP modern sudah ada otomatis pemutus dayanya.

Lebih baik isi daya di pagi hari saat sedang bersiap-siap memulai aktivitas.

BACA JUGA: Aplikasi VPN Terbaik dan Gratis

Itulah beberapa tips mengenai cara charge hp yang benar yang bisa diterapkan setiap hari. Diharapkan dengan berbagai cara di atas, baterai Hp Anda tidak cepat soak. Selamat mencoba!